Pages

ROSYIDAH BLOG

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah, bersabda:
"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas." (HR.Ibnu Majah)
 

24 May 2017

Materi Aljabar Dasar

0 komentar


Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang pemecahan masalah menggunakan simbol – simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel (wikipedia). Aljabar ditemukan oleh seorang cendekiawan Islam yaitu beliau Al Khawarizmi. Aljabar sendiri berasal dari kata “al – jabr” yang artinya penyelesaian.

Beberapa istilah pada Aljabar :
  1. Variabel    : simbol pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya secara jelas
  2. Konstanta : bilangan yang tidak memuat variabel
  3. Koefisien  :  faktor konstanta dari suatu variabel.
Perhatikan bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Pada bentuk aljabar tersebut, huruf x dan y disebut variabel. Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, ..., z.

Adapun bilangan 9 pada bentuk aljabar di atas disebut konstanta. Konstanta adalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel. Jika suatu bilangan a dapat diubah menjadi a = p X q dengan a, p, q bilangan bulat, maka p dan q disebut faktor-faktor dari a.

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini :


0 komentar:

Post a Comment

 
SaReng Bu Rose © Copyright 2017